Rabu, 08 Agustus 2012

cara menghitung dalam excel 2007

cara menghitung dalam excel 2007 pertama-tama menulis datanya terlebih dahulu, dilanjut dengan perhitungan sebagai berikut :

  1. fungsi matematika

perkalian dan menghitung jumlah

   2. fungsi statistik
menghitung rata-rata
nilai terbesar
nilai terkecil

3. fungsi logika
cara menggunakan fungsi logika

4. fungsi look up
cara menggunakan rumus lookup





Selasa, 07 Agustus 2012

cara meninsert tabel dalam microsoft word 2007


  1. klik insert yang berada di dalam microsoft word

     2.  klik insert tabel dan tentukan kolom dan baris tabel
   3. klik ok dan lihat hasil boleh lakukan design agar haasilnya bagus




Kamis, 02 Agustus 2012

cara membuat mail merge

  

Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak.
Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label, dan amplop.
Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu:
  • Dokumen Master, dokumen yang isinya sama untuk semua penerima.
  • Data Source, yaitu dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, 
    Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
Pada tutorial ini, data source menggunakan Excel, karena cara ini lebih cepat. Selain itu:
  • Lebih mudah mengontrol dan menambah data baru.
  • Lebih mudah membaca data yang ditampilkan di lembar kerja Excel terutama bila kita ingin memperbaiki kekeliruan seperti salah pengejaan dan sebagainya.
  • Juga mempermudah menyalin data source pada dokumen Excel ke lembar kerja
    Misalnya dalam membuat sertifikat pelatihan yang pesertanya lebih kurang sama, maka akan lebih mudah memilih nama pada lembar kerja tersebut dan menyalinnya ke dokumen (data source) baru.
Langkah-langkah membuat mail merge adalah sebagai berikut:
Tahap I Membuat Data Source
  1. Buat data source di Excel seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan namaData Surat.

nama
Alamat
1
Teguh
Garut
2
Ambar
Mjalengka
3
deni
sumedang



Tahap II Membuat Dokumen Master
2.    Buat dokumen master surat di Word seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama MasterSurat.
beri jarak untuk menaruh nama dan alamat.
Dokumen ini jangan di tutup Karen akan di lanjut ke langkah  berikut :
Menggabungkan data source dengan dokumen master.
Tahap III Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master
3.    Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Start Mail Merge.
  1. Selanjutnya kita akan memilih data source.
  2. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.
  3. Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
  4. Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
  5. Sekarang kita akan menempatkan data pada masing-masing tempatnya.
  6. Taruh di kursor di bawah tulisan Kepada Yth., kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields, klik Insert Merge Field dan pilih Nama.
  7. Lakukan juga hal yang sama pada Alamat dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini :
Data di tampilkan dalam kurung siku  <<data field>>


Tips:
  • Di sini kita dapat mengatur format surat, seperti memberi cetak tebal padaNama dan sebagainya.
  • Bila hanya data tertentu saja yang ingin dipilih, lakukan cara berikut:
    1. Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Edit Recipient List.
    2. Di kotak dialog Mail Merge Recipients, kosongkan kotak pada daftar seperti contoh di bawah ini.
  • Bila ada penambahan data baru di Excel, klik nama dokumen pada Data Source dan klik tombol Refresh. Data yang baru akan ditampilkan di daftar
      melihat hasil penggabungan, klik tombol PreviewResults.
Surat akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data.
Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi tombol PreviewResults dan lakukan perubahan yang diinginkan. 
Preview Result - Mail Merge 
    Tahap IV Menyimpan dan Mencetak Mail Merge
Finish and Merge
     




  • Print Documents, untuk mencetak surat.
    Ada 3 pilihan:
    1. All untuk mencetak semua surat.
    2. Current record untuk mencetak surat pada halaman yang aktif.
    3. Isi nomor urut data pada kotak From dan To, untuk mencetak surat yang dipilih saja.
Merge to Printer 


4.    Edit Individual Documents, untuk menyimpan hasil penggabungan ke dokumen baru. 
Pilihan sama dengan di atas (
All, Current record dan nomor urut tertentu). 
Pada dokumen baru, setiap surat akan ditampilkan per halaman. Jangan lupa menyimpan dokumen baru tersebut.


                                    

http://ketikankomputer.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-mail-merge-di-ms-word-2007.html
     


 

cara memberi jarak antar paragraf



Dalam mengetik suatu naskah, baik itu naskah laporan, skripsi, buku, proposal, dll, naskah disusun dalam beberapa paragraph. Paragraf tersebut ditandai dengan alinea yang menjorok ke dalam dan diketik pada baris baru. Pada beberapa keadaan, setiap paragraph tersebut diberi jarak sehingga memudahkan pembaca untuk membaca dan memahami isi dari naskah tersebut.


Jarak antar paragraph tersebut bisa diatur dengan satuan pt. Untuk memberi jarak antar paragraph, dapat anda ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Ketikkan seluruh naskah yang akan anda buat.
  2. Setelah anda atur spasinya ( untuk mengatur spasi dapat dibuka pada halaman disini ), seleksi atau blok naskah yang telah anda ketik. Langkah ini jika anda telah mengetik naskah terlebih dahulu atau sudah mempunyai naskah yang telah tersimpan di computer dan akan diatur jarak antar paragraphnya, jika tidak ikuti langkah no 3 kemudian baru mengetik naskahnya.
  3. Pada ribbon Page Layout, group menu Paragraph, pilih salah satu pengaturan pada spacing, yaitu before dan after. Pengaturan spacing before berarti jarak diberikan sebelum paragraph dan spacing after berarti jarak diberikan setelah paragraph.
  4. Ubah angka 0 pt pada pilihan spacing before atau spacing after dengan klik tanda panah keatas dan kebawah disamping angka 0 pt (6, 12, 16, 24, ….). atau bisa langsung anda ubah secara manual dengan mengetik angka yang anda kehendaki.
  5. Maka sekarang paragraph satu dengan paragraph yang lain telah ada jaraknya.
Cara diatas juga bisa digunakan untuk menghilangkan jarak spasi antar paragraph, dengan ubah angka pada spacing before atau after menjadi 0.
http://ketikankomputer.blogspot.com/2011/08/cara-memberi-jarak-antar-paragraph-di.html